About

Taman Bacaan Anak Lebah (TBAL) merupakan inisiatif non-politis, non-profit yang memiliki visi untuk menjadi mitra utama dalam mengembangkan taman bacaan di pelosok Indonesia bagian Timur. Misi TBAL adalah membangun kebiasan membaca buku anak-anak sejak usia dini.

Tak dapat dipungkiri bahwa buku merupakan jendela dunia yang dapat membuka wawasan dan mengembangkan daya imajinasi serta kreativitas anak-anak. Buku bacaan yang sesuai dengan usia anak, jika diperkenalkan dengan cara yang menyenangkan sejak kecil, dapat menumbuhkan minat baca dan kebiasaan membaca buku yang sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang anak saat ini maupun di saat dewasa.

Sayangnya, minat baca anak-anak Indonesia masih tergolong rendah dibanding negara lain di Asia, salah satu sebabnya adalah minimnya akses buku ke anak-anak, disamping cukup mahalnya harga buku anak-anak tersebut. Faktor lain adalah kurang besarnya hasrat guru, tutor, maupun orang tua dalam mengajak anak-anak untuk mulai gemar membaca buku.

Anak-anak yang gemar membaca akan memiliki kemampuan berkomunikasi yang lebih baik dari mereka yang kurang suka membaca. Anak yang gemar membaca terbiasa memiliki pola pikir yang sistematis karena buku terdiri dari pembuka, isi, dan penutup. Anak yang gemar membaca akan terbantukan dalam melontarkan ide dan pikiran secara runut. Satu keahlian yang dibutuhkan anak-anak di masa depan, utamanya dalam menghadapi persaingan kerja yang semakin ketat di industri mana pun mereka akan terjun nantinya.

Sebelum pengiriman, semua buku donasi disortir, untuk memastikan tidak ada kata-kata atau ilustrasi yang kurang baik untuk anak-anak. TBAL tidak semata-mata mengejar kuantitas, namun yang terpenting kualitas dalam berbagi.

TBAL difokuskan kepada anak-anak usia dini (1-8 tahun) di wilayah Timur Indonesia, mengingat perputaran ekonomi, bisnis, termasuk pendistribusian buku selama ini selalu berfokus di pulau Jawa dan sekitarnya, dimana wilayah Indonesia Timur seringkali menjadi prioritas kesekian. Mahalnya transportasi dan logistik ke wilayah ini jua lah yang menyebabkan keengganan berbagai pihak untuk melaksanakan community development yang berkesinambungan di wilayah ini.

TBAL justru memiliki misi sebaliknya. Dengan secara rutin mengirim donasi buku dan majalah yang sesuai dengan usia anak ke wilayah Indonesia Timur yang kurang mampu, diharapkan dapat membantu terwujudnya PERUBAHAN ke arah perbaikan. Let’s start small …

DROPBOX ZONE:

Kantor Sekretariat

Yayasan Literasi Anak Lebah Indonesia

Jl. Maleo I Blok JA 1/3, Bintaro Sektor 9

Tangerang, Indonesia


Contact@tbal.org

(021)-7451438

The Founder

Taman Bacaan Anak Lebah (Bee Children Reading Garden) didirikan oleh Elvera Nuriawati Makki. Lahir di Jakarta, 26 Mei 1976, ibu dari tiga anak ini memiliki mimpi untuk membangun masa depan anak-anak Indonesia menjadi lebih baik, utamanya yang kurang mampu dan berdomisili di wilayah Indonesia bagian Timur. Cara yang diusung pun sederhana, yaitu membangun kebiasaan membaca buku dan memperkenalkan buku sejak usia dini.

Vera adalah seorang business communicator dan praktisi Public Relations. Ia percaya, anak yang gemar membaca akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dan cara berpikir yang lebih sistematis dibandingkan mereka yang kurang suka membaca.

Di waktu luang, Vera gemar menari, traveling, membuat scrap book, berenang, membaca, dan menghabiskan waktu bersama suami dan anak-anaknya.

Facebook Page