On The News

Filosofi Taman Bacaan Anak Lebah di Kompas, 27 Februari 2011

slide1

Melalui Twitter, suatu hari saya mendapat direct message (DM) dari bli @Fajar_Arcana, wartawan senior Kompas yang mengajak ngopi bareng. Karena suka ngobrol dan ngopi, saya pun menyambut gembira ajakan tersebut. Ternyata beliau ingin wawancara saya, waduh, saya pun mulai mengajukan sederet nama-nama bos dan kolega penting di kantor karena menurut saya, mereka lebih pantas untuk diwawancara. Namun bli tetap bersikukuh, “Kita maunya Vera Makki” jawabnya singkat di DM tersebut. Lucunya, saat saya bilang harus minta ijin kepada bos saya di kantor untuk wawancara ini, bli membalas, “Minta ijin atasan? Minta ijin suami aja deh.” Hahahaaa… Obrolan pun memang banyak berfokus mengenai Taman Bacaan Anak Lebah. Terima kasih bli … dan terima kasih untuk fotografer handal mas Wawan Prabowo.

Artikel lengkap silakan akses:

http://female.kompas.com/read/2011/02/28/10313826/Vera.Makki.Mengenalkan.Buku.pada.Anak.Sejak.Dini

atau

http://www.epaper.kompas.com

Foto anak-anak Lebah di Lombok Tampil di Mother and Baby, April 2011

mother-baby-tbal

Sudah cukup lama saya mengenal Intan Pradina, sejak kita masih sama-sama single, hingga saat ini kita sudah memiliki anak. Saat melahirkan anak kedua, saya sempat mengisi 4 halaman artikel di Mother and Baby tahun 2007 mengenai perjalanan saat mengandung hingga si jagoan lahir. Melalui Twitter kita berjumpa lagi dan Intan, Pemimpin Redaksi Mother & Baby, ingin berbagi dengan pembaca setianya akan Taman Bacaan Anak Lebah. Di edisi April 2011 kolom ‘Diary Vera’, saya bercerita mengenai mimpi saya untuk anak-anak Indonesia…

Thanks Intan and Lenny Delima… beautiful article!

Doa Semangat untuk Lebah di Ayahbunda Januari 2011

ayahbunda-tbal

Anak Indonesia harus gemar membaca agar semakin cerdas dan pintar. Namun bukan dengan cara yang dipaksakan. Membaca selayaknya menjadi kegiatan yang menyenangkan sehingga pembentukan kebiasaan gemar membaca sebaiknya dilakukan bahkan sejak usia 1 tahun. Tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak bisa. Doakan ya… supaya kita tetap semangat dan bisa mewujudkan impian bersama…

Liburan Keluarga Mengunjungi TBAL di Femina 10-16 Mei 2014

Liburan keluarga tidak selamanya harus dihabiskan dengan pergi ke tempat hiburan saja. Mengajak anak-anak ke daerah dan mengunjungi TBAL  akan memperlihatkan langsung kekayaan alam Indonesia yang luar biasa sekaligus mengajarkan pada anak nilai-nilai sosial, melatih rasa empati dan berbagi terhadap sesama serta bersyukur dengan hidup yang dimiliki saat ini. Cerita lebih lanjut mengenai liburan keluarga ala Vera Makki bisa dibaca di kolom “Liputan Khas: Tak Hanya Menyenangkan Diri Sendiri”  Femina No.19/XLII 10-16 Mei 2014.

Taman Bacaan Anak Lebah di ‘Diary Dave’ Cosmopolitan 90.4FM

Ngobrol seru bareng Dave Hendrik tentang filosofi, latar belakang dan perkembangan Taman Bacaan Anak Lebah (TBAL) untuk program ‘Diary Dave’ di Cosmopolitan 90.4FM. Walaupun disambut oleh macetnya pusat Jakarta setelah pulang siaran, tapi rasanya senang sekali sudah mengajak orang-orang untuk berbagi lewat acara ini. Mari menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini dan siap menyongsong masa depan anak Indonesia lebih baik. Yuk ikutan donasi buku cerita anak lewat  TBAL!

#SatuBukuSatuSaudara di Trax 101.4 Trax FM Jakarta

Bersama tim #TBAL Vera Makki @vera_makki , Rismadhani Chaniago @sidhancrut, Danasmoro Brahmantyo @dbrahmantyo, Irfan Ramly @ipankdewe dan Wandy Ghani @popokman yang mencetuskan program #satubukusatusaudara dan pertama kalinya disiarkan melalui Trax FM.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional Bersama Market+ dan TBAL

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional, Market+ mengadakan acara “Enterpreneur Festival” dan bekerjasama dengan Taman Bacaan Anak Lebah (TBAL) dalam Talk Show “From A to Z: Kiat Bangun Minat Baca pada Anak” dengan pembicara @Clara_Ng (penulis buku cerita anak), @vera_makki (Founder TBAL), @rahmanadi (alumni pengajar muda) , @aiodongeng (story-teller) dan dimoderatori oleh @sidhancrut .

Talkshow #NgaBUKUrit Taman Bacaan Anak Lebah di Charity In Ramadhan @WajahBundaID

Bertempat di fX Sudirman, @WajahBundaID mengundang Taman Bacaan Anak Lebah untuk Talkshow dalam acara Charity In Ramadhan. Selain bercerita seputar kegiatan TBAL, dalam talkshow ini kak Vera Makki – @vera_makki (Founder) dan kak Dhani – @sidhancrut memperkenalkan program donasi Ramadhan yaitu NgaBUKUrit, ngabuburit sambil baca BUKU, ngabuburit sambil donasi BUKU. Terima kasih bunda Fiki Maulani @fiki0102 dari @WajahBundaID yang sudah mengundang TBAL. Mari terus berkolaborasi melakukan hal yang bermanfaat bagi masa depan anak bangsa kelak.

The Founder

Taman Bacaan Anak Lebah (Bee Children Reading Garden) didirikan oleh Elvera Nuriawati Makki. Lahir di Jakarta, 26 Mei 1976, ibu dari tiga anak ini memiliki mimpi untuk membangun masa depan anak-anak Indonesia menjadi lebih baik, utamanya yang kurang mampu dan berdomisili di wilayah Indonesia bagian Timur. Cara yang diusung pun sederhana, yaitu membangun kebiasaan membaca buku dan memperkenalkan buku sejak usia dini.

Vera adalah seorang business communicator dan praktisi Public Relations. Ia percaya, anak yang gemar membaca akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dan cara berpikir yang lebih sistematis dibandingkan mereka yang kurang suka membaca.

Di waktu luang, Vera gemar menari, traveling, membuat scrap book, berenang, membaca, dan menghabiskan waktu bersama suami dan anak-anaknya.

Facebook Page