Jan 31, 2013

#SatuBukuSatuSaudara2013

Yuk Ikutan! Berbagi Satu Buku, Nambah Satu Saudara, Berjuta Makna, Berjuta Rasa

Hai, pejuang lebah! #SatuBukuSatuSaudara2013 is back!

Mengingat #SatuBukuSatuSaudara yang telah berhasil dilakukan pertama kali pada tahun 2012 lalu, sekarang kami kembali mengajak teman-teman untuk ikut berpartisipasi, berbagi bersama anak-anak di Indonesia Timur.

#SatuBukuSatuSaudara adalah sebuah project “misteri” dari Taman Bacaan Anak Lebah, hasil besutan @iphankdewe dan semangat kepedulian @sidhancrut, @dbrahmantyo dan @popokman. Tidak ada hubungannya dengan hal-hal menyeramkan ataupun rahasia, Taman Bacaan Anak Lebah hanya ingin menjawab rasa penasaran yang muncul dari sebuah buku, pemberi buku dan penerima buku tersebut.

Kami ingin memberikan kesempatan kepada pemberi buku dan penerimanya untuk merasakan hubungan yang lebih “personal” satu sama lain. Anak-anak yang menerima buku-buku tersebut dapat mengetahui siapa pemberinya melalui secarik kertas berisi pesan yang diselipkan di setiap buku. Melalui satu buku, tercipta persaudaraan antara pemberi dan penerima. Satu Buku, Satu Saudara.

Caranya mudah sekali:

Pertama,

Pilih buku cerita untuk anak usia 1-15 tahun yang berwarna dan banyak gambar. Untuk usia 10-15 tahun, bisa mulai diberikan buku dengan teks yang lebih banyak

Kedua,

Di setiap buku yang ingin disumbangkan, disertai surat, catatan, atau cerita (berisikan tentang apa saja) yang ditujukan untuk anak-anak penerima buku tersebut.

Ketiga,

Twitpic foto diri bersama buku yang akan disumbangkan dengan mention ke @lebahbooks atau @sidhancrut. Buku dapat dikumpulkan di titik yang nanti ditentukan (hubungi @sidhancrut atau di HP 081584855106).

Dapat juga langsung dikirim ke alamat:

Yayasan Literasi Anak Lebah

Jl. Maleo I Blok JA 1/3, Bintaro Sektor 9

Tangerang, Indonesia

Catatan:

Batas pengumpulan buku sampai 30 Maret 2013
Setelah buku-buku tersebut kami kirimkan ke beberapa titik di Indonesia Timur, para kakak pendamping di Taman Bacaan Anak Lebah akan membagikan buku tersebut. Satu buku, satu anak. Kemudian akan diperlihatkan foto dan surat/notes kepada anak yang menerima buku itu, dan mereka akan memberikan ucapan terima kasih secara langsung melalui foto atau balasan surat/catatan dari pengirim.

Let’s unite and act!
for the betterment of Indonesian children …

3 Comments

  • Hai perkenalkan saya maulani. saya punya sekolah taman kanak-kanak di daerah cileduk. sekolah saya ingin mengadakan event book day, yang akan diselenggarakan pada tgl 23 april 2013. Salah satu konsepnya adalah, mengenalkan kpd anak2 bahwa membaca itu menyenangkan dan saya menginginkan mereka membawa satu buku ke sekolah untuk bisa disumbangkan kepada teman2 mereka yang kurang beruntung. Bisakah saya mengundang lebah book unt mendongeng dan setelah itu membawa buku2 sumbangan dari murid2 saya??

    terimakasih :)

  • saya punya sedikit komik2 dan novel.apa saya bisa sumbangkan ?
    saya harus kirim k mana,,,,

    • Halo mbak dwi. Terima kasih sudah berkenan utk mendonasikan komik2 dan novelnya. TBAL menerima donasi buku cerita anak dengan kisaran usia 3-13 tahun, tulisan dan gambar tidak ada unsur kekerasan, SARA dan pornografi. Jika buku2 yg ingin mbak dwi donasikan pada TBAL memenuhi kriteria di atas, bisa dikirimkan ke Jl. Maleo I blok JA 1/3 Bintaro Sektor 9, Tangerang :)

Leave a comment

The Founder

Taman Bacaan Anak Lebah (Bee Children Reading Garden) didirikan oleh Elvera Nuriawati Makki. Lahir di Jakarta, 26 Mei 1976, ibu dari tiga anak ini memiliki mimpi untuk membangun masa depan anak-anak Indonesia menjadi lebih baik, utamanya yang kurang mampu dan berdomisili di wilayah Indonesia bagian Timur. Cara yang diusung pun sederhana, yaitu membangun kebiasaan membaca buku dan memperkenalkan buku sejak usia dini.

Vera adalah seorang business communicator dan praktisi Public Relations. Ia percaya, anak yang gemar membaca akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dan cara berpikir yang lebih sistematis dibandingkan mereka yang kurang suka membaca.

Di waktu luang, Vera gemar menari, traveling, membuat scrap book, berenang, membaca, dan menghabiskan waktu bersama suami dan anak-anaknya.

Facebook Page