Feb 20, 2012
admin2

Penyerahan Donasi Buku untuk Anak-anak di Kota Bula, Pulau Seram, Maluku

Malam ini saya tidak bisa tidur, dan akhirnya baru ingat bahwa saya belum berbagi cerita mengenai penyerahan donasi buku batch 2 untuk anak-anak di kota Bula, Pulau Seram, Maluku. Khusus untuk pengiriman ini saya berterima kasih sekali kepada @allithajuliet sebagai PR-nya Kalrez yang membantu menyerahkan buku bacaan dari Taman Bacaan Anak Lebah (TBAL) ke TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) milik pak Armaya, penduduk asli setempat. Acara ini berlangsung pada 25 Desember 2011.

Sekilas mengenai TPA ini, terdapat di dua lokasi. Pertama,  di Mesjid Al Aziz yang bertempat di ‘Kampung Jawa’ dusun Wailola. Karena tempatnya luas dan banyak pengajar, maka anak-anak pesertanya pun sudah banyak yang di atas 5 tahun, sehingga mereka bisa terpancing untuk membaca berbagai buku bacaan penuh warna dan penuh gambar sebelum memulai pendidikan Al-Qur’an-nya.

Menurut pak Ustad yang mengajar di sana, saat ini mereka sedang menyusun kurikulum Madrasah dan membutuhkan buku-buku yang sesuai dengan kurikulum Madrasah tersebut. Wah… kalau begitu pas sekali! Alhamdulillah, saat ini banyak beredar buku-buku bacaan Islami atau terkait pembelajaran akan kebaikan akhlak yang dikemas khusus untuk anak-anak.

Yuk… kalau teman-teman melihat atau memiliki buku-buku yang dibutuhkan tersebut dan tentunya yang tidak dipakai lagi, TPA ini sangat membutuhkan loh, anak-anak pasti senang bisa membaca buku dengan tampilan yang menyegarkan dan tentunya bermanfaat!

Lokasi kedua, terletak di mushola sederhana di belakang rumah Pak Armaya. Konsentrasi kedua TPA ini memang pendidikan agama, sehingga yang dibutuhkan memang lebih ke arah buku-buku mengenai agama Islam, “Buku cerita 25 Nabi yang pernah dikirimkan sangatlah menarik dan perlu dikirim dalam jumlah yang lebih banyak…” ujar ayahanda Pak Maya yang mengelola mushola tersebut.

Berikut adalah foto-foto saat penyerahan buku bacaan ke para Ustad dan Pak Armaya. Karena kesibukan @allithajuliet, ia baru dapat berkunjung menjelang malam, sehingga tidak dapat  berjumpa dengan anak-anak. Di lain waktu ya…. semoga saya juga bisa segera kesana… (saya selipkan juga foto pemandangan saat saya berkunjung ke Bula di awal 2011)

Terima kasih @allithajuliet dan tentunya pak @mantriss dari Kalrez atas kerjasama dan bantuannya. God Bless You, as always!

(written by Vera Makki – www.tamanbacaananaklebah.com )

Leave a comment

The Founder

Taman Bacaan Anak Lebah (Bee Children Reading Garden) didirikan oleh Elvera Nuriawati Makki. Lahir di Jakarta, 26 Mei 1976, ibu dari tiga anak ini memiliki mimpi untuk membangun masa depan anak-anak Indonesia menjadi lebih baik, utamanya yang kurang mampu dan berdomisili di wilayah Indonesia bagian Timur. Cara yang diusung pun sederhana, yaitu membangun kebiasaan membaca buku dan memperkenalkan buku sejak usia dini.

Vera adalah seorang business communicator dan praktisi Public Relations. Ia percaya, anak yang gemar membaca akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dan cara berpikir yang lebih sistematis dibandingkan mereka yang kurang suka membaca.

Di waktu luang, Vera gemar menari, traveling, membuat scrap book, berenang, membaca, dan menghabiskan waktu bersama suami dan anak-anaknya.

Facebook Page