Jun 23, 2011
admin

PAUD Al-Mujahidin, Lingkungan yang Indah untuk Arena Main Anak-anak

Taman Bacaan Anak Lebah (TBAL) bermitra dengan sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Al Mujahidin di dusun batu nyala, desa Surabaya, kecamatan Sakra Timur. Penanggungjawab PAUD ini adalah Bapak Usman yang sangat membutuhkan buku sebagai bahan bacaan dan kegiatan belajar sambil bermain murid-murid. Lokasi taman bermain ini cukup sulit dijangkau dengan transportasi publik, bahkan dengan kendaraan pribadi. Di saat hujan, akses menuju tempat ini licin dan rawan longsor sehingga mobil tidak dapat menembus jalan.

Pada awal Maret 2011 lalu, tim TBAL sempat sedih karena hujan deras membuat tim yang sudah berada di tengah jalan harus mengurungkan niat untuk berkunjung, padahal anak-anak sudah siap untuk bertemu kami. Akhirnya, mereka yang telah mempersiapkan doa 1 Muharam, membacakan doa tersebut beramai-ramai melalui speaker handphone yang disambungkan oleh pak Usman. Kami pun sangat terharu dengan semangat anak-anak. Akhirnya, buku-buku donasi yang awalnya ingin diberikan langsung sambil berinteraksi dengan anak-anak, kami berikan melalui Pak Usman, yang berhasil menembus jalan rusak dengan motor, bertemu kami di PAUD Amanah.

PAUD Al Mujahidin berdiri di samping hamparan luas sawah hijau. Bangunan sederhana ini dibagi dalam dua ruang: kelas bermain dan ruang tutor, termasuk rak untuk penyimpanan buku-buku, alat penunjang belajar mengajar, dan berbagai mainan penunjang dari TBAL. Di depan dua ruang ini terdapat halaman bermain. Di antara dua bangunan terdapat sumur air.

Total murid di sekolah ini adalah 45-50 anak. Rata-rata usia 3-6 tahun. Anak-anak yang tidak terdaftar dalam PAUD Al Mujahidin tetap dapat membaca buku-buku dari TBAL secara gratis, mereka bebas membaca buku di lokasi. Buku tidak dapat dipinjam atau dibawa pulang. Bapak Usman memiliki peran untuk memelihara dan menjaga buku-buku agar terawat baik dan dimanfaatkan secara maksimal oleh anak-anak.

Leave a comment

The Founder

Taman Bacaan Anak Lebah (Bee Children Reading Garden) didirikan oleh Elvera Nuriawati Makki. Lahir di Jakarta, 26 Mei 1976, ibu dari tiga anak ini memiliki mimpi untuk membangun masa depan anak-anak Indonesia menjadi lebih baik, utamanya yang kurang mampu dan berdomisili di wilayah Indonesia bagian Timur. Cara yang diusung pun sederhana, yaitu membangun kebiasaan membaca buku dan memperkenalkan buku sejak usia dini.

Vera adalah seorang business communicator dan praktisi Public Relations. Ia percaya, anak yang gemar membaca akan memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dan cara berpikir yang lebih sistematis dibandingkan mereka yang kurang suka membaca.

Di waktu luang, Vera gemar menari, traveling, membuat scrap book, berenang, membaca, dan menghabiskan waktu bersama suami dan anak-anaknya.

Facebook Page